20 April Harkonas, Wujudkan Konsumen Millennial Indonesia yang Cerdas & Berdaya
Source: www.ayobandung.com/Andres Fatubun |
Description: Hayooo, sudah siap belum jadi konsumen cerdas & berdaya
Beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 20 April 2019; kita akan merayakan Harkonas guys. Nah, apa sih harkonas itu; penulis yakin sebagian dari kamu juga masih asing dengan kata tersebut. Harkonas, hari konsumen nasional; adalah momen peringatan khusus yang ditujukan bagi konsumen Indonesia. Harkonas diperingati setiap tanggal 20 April, hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Peringatan harkonas dilaksanakan oleh pemerintah dengan koordinasi dari Direktorat Jendral Standarisasi & Perlindungan Konsumen, Direktorat Pemberdayaan Konsumen, dan Kementerian Perdagangan. Gimana guys, udah mulai ngeh dong tentang harkonas.
#Harkonas2019 – Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya
Beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 20 April 2019; kita akan merayakan Harkonas guys. Nah, apa sih harkonas itu; penulis yakin sebagian dari kamu juga masih asing dengan kata tersebut. Harkonas, hari konsumen nasional; adalah momen peringatan khusus yang ditujukan bagi konsumen Indonesia. Harkonas diperingati setiap tanggal 20 April, hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Peringatan harkonas dilaksanakan oleh pemerintah dengan koordinasi dari Direktorat Jendral Standarisasi & Perlindungan Konsumen, Direktorat Pemberdayaan Konsumen, dan Kementerian Perdagangan. Gimana guys, udah mulai ngeh dong tentang harkonas.
#Harkonas2019 – Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya
Source: sihapok.com |
Nah guys, untuk tahun 2019 ini; tema yang diangkat adalah Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya. Maksud daripada tema ini adalah diharapkan konsumen-konsumen Indonesia semakin cerdas dan berdaya dalam bertindak, serta mampu menyelesaikan persoalan yang ada khususnya dalam berniaga. Logo dan maskot Harkonas 2019 juga didesain sedemikian rupa dengan intepretasi sesuai dengan makna tema yang diangkat; logo dengan bentuk perisai dan manusia yang mengangkat kedua tangannya serta, maskot yang digambarkan dengan wujud hewan lumba-lumba. Gak hanya itu guys, dalam rangka memperingati Harkonas 2019; Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Vlog Competition yang nantinya akan ditampilkan di puncak acara 20 April mendatang.
Pemenang Vlog Competition Harkonas 2019
Source: arfaexpotama.com |
Berdasarkan data yang penulis peroleh, sebanyak 147 peserta terdaftar mengirimkan karyanya sampai dengan batas akhir waktu pengiriman pada 12 Maret 2019 pukul 24.00 guys! Gilakkk ya guys! Betapa antusiasnya masyarakat Indonesia dalam mengikuti perlombaan seperti ini; satu hal yang ingin penulis tunjukkan bahwa, gak semua netizen +62 itu jelek kok (Jadi, netizen juga harus cerdas & berdaya dong tentunya). Balik lagi ke topik semula guys, dalam artikel ini penulis juga akan mengumumkan pemenang Vlog Competition Harkonas 2019 ini. Gak usah basa basi lebih lanjut, langsung check this out guys!
Juara 1 Vlog Competition Harkonas 2019
Juara 1 diraih oleh Lucky Sembeng, di channel Melcadot Melcadot. Wah… dari videonya aja kamu udah bisa nilai dong guys, Kak Lucky telah menjelaskan dengan lengkap dan menarik tips-tips bagaimana cara menjadi konsumen cerdas di era digital. Gak hanya karena namanya ‘Lucky’ semata, terbukti bahwa vlog yang ditampilkan dikemas dengan sangat baik.
Juara 2 Vlog Competition Harkonas 2019
Juara 2 diraih oleh Diego Armando Takaredase, di channel DehGamon 10. Wajar aja guys jika vlog ini menjadi juara kedua. Kreativitas yang luar biasa dari Kak Diego dalam mengemas vlog dalam bentuk music vlog membuat videonya jadi apik abisss! Bayangkan aja guys, berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat lirik lagu, irama lagu, dan editing videonya. Kalau penulis mah, angkat tangan deh.
Juara 3 Vlog Competition Harkonas 2019
Juara 1 Vlog Competition Harkonas 2019
Source: youtube.com/Melcadot Melcadot
Juara 1 diraih oleh Lucky Sembeng, di channel Melcadot Melcadot. Wah… dari videonya aja kamu udah bisa nilai dong guys, Kak Lucky telah menjelaskan dengan lengkap dan menarik tips-tips bagaimana cara menjadi konsumen cerdas di era digital. Gak hanya karena namanya ‘Lucky’ semata, terbukti bahwa vlog yang ditampilkan dikemas dengan sangat baik.
Juara 2 Vlog Competition Harkonas 2019
Source: youtube.com/DehGamon 10
Juara 2 diraih oleh Diego Armando Takaredase, di channel DehGamon 10. Wajar aja guys jika vlog ini menjadi juara kedua. Kreativitas yang luar biasa dari Kak Diego dalam mengemas vlog dalam bentuk music vlog membuat videonya jadi apik abisss! Bayangkan aja guys, berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat lirik lagu, irama lagu, dan editing videonya. Kalau penulis mah, angkat tangan deh.
Juara 3 Vlog Competition Harkonas 2019
Source: youtube.com/Lathiifah Thawafani
Juara 3 diraih oleh Lathiifah Thawafani, di channel Lathiifah Thawafani. Satu kata guys, ‘Terniat’! Penulis yang juga menggeluti bidang desain mengakui bahwa design editing dari vlog Kak Lathiifah memang gila abis sih! Video yang ditampilkan dikemas dengan desain grafis yang luar biasa menarik sehingga, patut diakui bahwa vlog karya Kak Lathiifah pantas menjadi juara ketiga.
Juara Favorit Vlog Competition Harkonas 2019
Juara Favorit Vlog Competition Harkonas 2019
Source: youtube.com/Iseng Iseng Cinema
Juara favorit diraih oleh Nur Eliza Rachmawati, di channel Iseng Iseng Cinema. Dikategorikan sebagai juara favorit karena vlog dari Kak Nur telah ditonton sebanyak 1.650 kali guys, berbeda dari juara 1, 2, dan 3 sebelumnya yang ditonton kurang dari itu. Walaupun dikategorikan sebagai juara favorit, vlog dari Kak Nur juga gak kalah informatif loh. Video dikemas dengan berbagai informasi menarik dan edukatif serta tips menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya tentunya.
Portofolio Team Alverino Vieri Production – Vlog Competition Harkonas 2019
Source: youtube.com/Alverino Vieri
Nah, kamu pasti penasaran dong guys; bagaimana penulis bisa mendapatkan data mengenai jumlah peserta yang mengikuti lomba kompetisi vlog tersebut. Sebenarnya, penulis juga termasuk salah satu peserta yang mengikuti lomba tersebut bersama dengan tim Alverino Vieri Production (Kalau teman-teman yang follow akun instagram penulis mungkin sudah pada tahu). Pada video tersebut penulis berperan sebagai sutradara dan penulis skenario; jadi, penulis gak masuk dalam layar – jadi pemain dibalik layar aja. Pada saat pengumuman pemenang, tim Alverino Vieri Production mendapatkan surel dari pihak penyelenggara yang kemudian data tersebut penulis gunakan dalam artikel ini. Untuk selengkapnya mengenai video vlog competition Harkonas 2019 kami dapat teman-teman lihat diatas.
Itu dia guys, artikel seputar Harkonas 2019 mulai dari deskripsi tentang apa itu harkonas sampai dengan pengumuman pemenang lomba kompetisi vlog harkonas 2019. Merangkum kembali, Inti daripada peringatan hari konsumen nasional diantaranya ada 3 hal utama guys, yaitu:
- Menyadarkan kembali hak dan kewajiban sebagai seorang konsumen.
- Meningkatkan daya saing para pelaku usaha di Indonesia dalam bersaing di era globalisasi.
- Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas perlindungan konsumen di Indonesia.
Meskipun penulis dan tim masih belum berkesempatan menjadi pemenang namun, penulis senang bisa dapat turut berkontribusi dan berpartisipasi dalam menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya meningkatkan konsumen Indonesia yang cerdas dan berdaya. Akhir kata, selamat hari konsumen nasional guys!
Post a Comment